Sponsors

Kamis, 20 Desember 2012

Isu Harta Soekarno US$ 180 Miliar di Bank Swiss Bikin Heboh Austria


Isu soal keberadaan harta mantan Presiden Soekarno yang tersimpan di sebuah bank di Swiss kembali menyeruak. Kali ini, penghembusnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Austria. Kok bisa? Dalam koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012, terdapat artikel soal harta Soekarno tersebut. Ada seorang mediator bernama Gustav Jobstmann yang mengklaim dapat membantu mendapatkan harta yang tak disebutkan bentuknya itu.

Menurut Jobstmann, ada harta Soekarno senilai US$180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS). Dia memiliki dokumen-dokumen pendukung soal harta tersebut. 

Jobstmann bahkan menyebutkan sudah mengontak salah seorang keluarga Sukarno, Seno Edy Sukanto. Pihaknya berjanji bisa mendapatkan harta itu asal keluarga Soekarno bersedia menginvestasikan semua hartanya di Austria.

Dalam edisi online berbahasa Jerman, sang penulis artikel koran tersebut, Klaus Loibnegger, mengatakan, bila perkataan Jobstmann itu benar, maka bisa mendatangkan angin surga bagi warga Austria. Negara tersebut memang sedang membutuhkan banyak investasi. Tambahan US$ 180 miliar tentu sangat dinanti.

Koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900. 
Sang wartawan koran tersebut, Klaus Loibnegger, yang diwawancarai Indo Pos meyakini bahwa klaim Jobstmann adalah benar. Jobstmann memiliki sejumlah dokumen pendukung dan kredibilitasnya selama ini dikenal baik.
Benarkah isu ini? detikcom berusaha mengkonfirmasinya ke sejumlah perwakilan keluarga Bung Karno, termasuk mencari Edy Sukanto. Namun belum ada tanggapan secara resmi. (detik/20/12/12)

Rabu, 19 Desember 2012

Direktorat Narkoba Polri Dapat Penghargaan dari Presiden


Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mendapatkan penghargaan Medali Satya Lencana Ops Kepolisian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan yang seharusnya diserahkan Kapolri Jenderal Timur Pradopo diwakilkan oleh Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Selain Medali Satya Lencana, juga Direktorat Narkoba juga memperoleh pin emas dan pin perak. Direktur Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Arman Depari mengatakan, penghargaan diberikan setelah tim berhasil membongkar sindikat narkoba di Indonesia, serta operasi pemberantasan narkoba lainnya.

"Kita melakukan operasi yang luar biasa, jadi negara memberikan penghargaan. Ada yang di Ujung Genteng, Palembang, Surabaya," terang Arman.

Penghargaan diberikan kepada perwakilan masing-masing satuan tugas pemberantasan narkoba sebanyak 53 orang. Arman menjelaskan, dalam pemberantasan narkoba kepolisan bersinergi dengan satuan tugas lain di dalamnya. "Satgas ini kita bentuk dari berbagai kesatuan. Ada dari Brimob, ada dari Pol udara bawa helikopter saat mereka operasi, ada dari Polda Metro, Mabes Polri, Pol Air. Nah itulah yang kita gabung kemudian operasi melakukan penangkapan-penangkapan," terang Arman.

Acara tersebut sekaligus memusnahkan barang bukti sebanyak 215 kg sabu dan 1,7 kg heroin. Sementara data barang bukti yang terkumpul dari Januari hingga November 2012 di antaranya ganja 21 ton, sabu 2 ton. Kemudian tercatat ada 32.892 tersangka kasus narkoba dari 26.561 kasus.

Polri sendiri memiliki gerakan Polri Bersinar (Berantas Sindikat Nasrkoba). Pada acara itu turut hadir Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Anang Iskandar dan pejabat BNN lainnya, Ketua Granat Henri Yosodiningrat, dan Komisi Kepolisian Nasional. Hadir juga sejumlah publik figur seperti Rhoma Irama, Dewi Persik, Julia Peres, dan Mpok Ati. (kompas/19/12/12)

Rangking FIFA: Spanyol Teratas, Brasil 18, Indonesia Naik Ke Posisi 156

Spanyol masih bertengger di posisi teratas dalam rangking terbaru yang dirilis FIFA, sementara Brasil merosot ke posisi 18. Setelah sebelumnya terus terpuruk, Indonesia akhirnya mengalami peningkatan.


Dia dua posisi teratas rangking FIFA tak ada perubahan terjadi, dengan Spanyol dan Jerman masih berada di urutan yang sama seperti bulan lalu. Perubahan baru muncul di posisi tiga, di mana Argentina naik satu anak tangga ke undakan ketiga.



Hanya menjalani pertandingan yang tidak masuk hitungan FIFA -- kalah atas Argentina dan bermain imbang kontra Kolombia -- Brasil harus rela posisinya kembali merosot turun. Jika sebelumnya berada di urutan 13, kali ini negara pemilik lima gelar juara dunia itu berada di posisi 18, di atas Prancis dan di bawah Aljazair.



Berada di posisi 14, Pantai Gading menjadi negara Afrika dengan posisi terbaik. Sementara Jepang menjadi wakil teratas Asia setelah mampu bertengger di urutan 22.



Sementara Indonesia mengalami peningkatan posisi. Menyusul penampilan di Piala AFF 2012, di mana Indonesia tersingkir di fase grup, Skuat Garuda melompat sembilan posisi dari 165 ke 156.



Meski posisinya meningkat, Indonesia masih berada di bawah beberapa negara kuat Asia Tenggara. Vietnam masih menjadi negara Asia Tenggara terbaik dengan duduk di posisi 131, diikuti Thailand (136), Filipina (147) dan Singapura (154). Sementara Malaysia berada di urutan 158. (detik/19/12/12)

Gusur Nokia, Samsung Jadi 'Raja' Ponsel Dunia


Untuk pertama kalinya, Samsung menggusur Nokia dari tahta vendor ponsel dengan pengapalan terbanyak. Dengan demikian, perusahaan asal Korea Selatan itu kini menjadi perusahaan mobile terbesar di dunia.

Dilansir TechRadar , Kamis (20/12/2012), Samsung menempati porsi 29% dari semua perangkat mobile yang dikapalkan secara global pada 2012. Persentase ini naik dari angka 24% di tahun sebelumnya.

Sementara Nokia, berdasarkan statistik yang disajikan firma riset IHS iSuppli, turun dari 30% di 2011, menjadi 24% di tahun ini. Yang menarik adalah mengetahui bahwa Apple berada di urutan ketiga setelah Samsung dan Nokia.

Statistik versi IHS iSuppli menunjukkan, Apple hanya mampu mengambil porsi 10% dari 'kue' pengapalan perangkat mobile secara global. iPhone Apple memang meraksasa, namun itu cuma di ranah smartphone. Sedangkan segmen menengah ke bawah yang biasa diisi feature phone, Apple tak punya produk jagoan. Berturut-turut setelahnya adalah ZTE dengan porsi 6% dan LG di posisi kelima yang mendapat jatah 4%.

Smartphone Galaxy S3 menjadi ujung tombak kesuksesan Samsung dalam pencapaian ini. Seri tersebut terjual lebih dari 30 juta unit. Selain itu, Galaxy Note dan Galaxy Note 2 yang awalnya dicemooh karena ukuran layarnya yang tanggung untuk ponsel maupun tablet, juga memperlihatkan penjualan mengesankan.

Banyak analis berpendapat, tahun 2012 adalah tahunnya smartphone. Produk ini mewakili segmen yang tumbuh paling cepat di pasar ponsel. Smartphone diperkirakan mengambil porsi hampir setengah dari pengapalan handset wireless global di 2012.

"Sifat kompetitif dari pasar ponsel di 2012 adalah 'hidup oleh smartphone, mati oleh smartphone'," kata Wayne Lam, analis senior untuk wireless communication di IHS.

Pengapalan smartphone global diperkirakan naik 35,5% tahun ini. Smartphone mengambil porsi 47% dari semua handset yang dikapalkan, naik dari tahun lalu 35%. (detik/20/12/12)

Selasa, 18 Desember 2012

Terungkap, Misteri Kematian Firaun

Temuan tim forensik arkeologi yang dituangkan di sebuah jurnal Inggris berhasil mengungkap sebab kematian Firaun ribuan tahun sebelum masehi. Temuan ini mematahkan berbagai mitos yang mengatakan Firaun mati digigit ular atau diracun.

 Diberitakan CNN, Selasa 18 Desember 2012, dalam British Medical Journal dikatakan bahwa Firaun Ramses III yang hidup sekitar 1156 SM mati akibat digorok lehernya. Penguasa Mesir ini diduga menjadi korban pembunuhan salah satu selirnya pada upaya kudeta atas dirinya.

 Hal ini terbukti pada bekas luka dalam di pada leher Ramses III yang dimumi. Menurut laporan forensik tersebut, luka sedalam itu kemungkinan terjadi akibat sayatan pisau tajam "CT Scan menunjukkan bukti bahwa pengkhianat membunuh Ramses III dengan menggorok lehernya," tulis laporan di jurnal itu.

 Dalam CT Scan tersebut, terlihat bahwa leher, tenggorokan dan arteri Ramses III tergorok membuatnya mati seketika. "Luka ini tidak mungkin terjadi setelah kematian, karena kalung di sekitar leher mumi masih menempel dan tidak rusak saat dilepaskan pada 1886. Di lehernya juga ada aspal yang harus dihilangkan dengan menggunakan palu," ujar laporan itu lagi.

 Selain itu, bukti lainnya bahwa luka itu ada sebelum pembalseman adalah ditemukannya amulet bentuk mata Horus di dalam leher Ramses III. "Keberadaan amulet di dalam jaringan lunak menunjukkan bahwa luka terjadi sebelum dibalsem," tulis laporan.

 Raja Ramses III memerintah Mesir sejak 1187 hingga 1156 SM. Dalam pembunuhannya, putra Ramses III, Pangeran Pentawere dinyatakan bersalah dan dihukum mati. Pentawere kemudian dimumi dengan cara yang berbeda dengan para pendahulunya. Mumi Pentawere dibalut dengan kulit kambing, sebagai bentuk hukuman atas pembunuhan raja.

 "Penggunaan kulit kambing atau domba dalam pemakaman kerajaan sangat jarang dilakukan, karena materi ini dianggap tidak suci," lanjut laporan itu lagi. (vivanews/19/12/12)

Senin, 17 Desember 2012

Malaysia dan Indonesia Jadi Juara Kasus 'Suap-Menyuap' di 2012

Pemerintah Malaysia dan Indonesia sama-sama menggalakkan kampanye antikorupsi dan memerangi bisnis dengan cara ilegal seperti termasuk suap. Namun sebuah survei dari Transparan
cy International menyebutkan hal yang berbeda.

Malaysia dan Indonesia masuk menjadi juaranya dalam survei kasus suap menyuap dalam bisnis atau '2012 Bribe Payers Survey'. Malaysia memperoleh hasil terburuk dalam Bribe Payers Survey 2012 yang digelar organisasi antikorupsi Transparency International. Dalam survei, sebanyak 3.000 eksekutif dari 30 negara ditanya apakah mereka pernah gagal memperoleh kontrak sepanjang tahun lalu karena pesaing melakukan suap.

Sebanyak 50% responden di Malaysia menjawab 'ya. Sedangkan Indonesia sendiri, sedikit lebih baik dibanding Malaysia, dengan 47%. Sebagai perbandingan, sebanyak 27% responden di Cina menganggap suap merugikan bisnis mereka.

Jepang dinilai sebagai negara paling minim korupsi, dengan 2% responden mengaku kehilangan kontrak akibat suap. Singapura, tetangga terdekat Malaysia, merupakan negara paling bersih korupsi kedua, dengan 9% jawaban 'ya'.

"(Hasil survei) ini memperlihatkan perilaku perusahaan swasta di Malaysia, mengindikasikan kasus suap pada sektor publik menjadi sistemik dan melembaga," ungkap Presiden Transparency International untuk Malaysia, Paul Low seperti dilansir Wall Street Journal, Senin (17/12/2012).

Sejak menjabat Perdana Menteri Malaysia pada 2009, Najib Razak terus berjanji akan memberantas korupsi dan mengembalikan kepercayaan masyarakat. Ratusan kasus korupsi telah diselidiki. Pemerintah Malaysia bahkan membentuk pengadilan khusus korupsi dan berupaya menetapkan hukuman yang lebih berat untuk para pelakunya, demikian kata Ravindran Devagunam, direktur penanggulangan korupsi di lembaga pengamat Pemandu.

Presiden SBY sendiri mengakui, selama 9 tahun dirinya menjadi presiden, korupsi lebih banyak terjadi di daerah dibandingkan di pusat.

"Apa yang saya sebut dengan kenyataan di negeri kita 10 tahun terakhir di mana kasus korupsi, sesuai dengan surat izin yang saya keluarkan maupun diproses KPK yang tanpa mengunggu izin presiden, lebih banyak terjadi di daerah," kata SBY beberapa waktu lalu.
SBY menyebut di masa lalu, pada zaman otoritarian, kasus korupsi lebih banyak terjadi di pusat dan lebih banyak dilakukan eksekutif.
"Kini kasus korupsi tersebar. Ada di pusat ada di daerah, ada di lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, atau dunia usaha atau kehidupan masyarakat yang lain," kata SBY. (detik/17/12/12)

Ramalan Konsultan Tarot: Tahun Depan Perselingkuhan Marak


Tahun baru sudah semakin dekat. Apa yang akan terjadi pada tahun 2013? Secara umum interaksi antarmanusia kondisinya tidak berbeda dibandingkan tahun sekarang.


Pertarungan tidak ter
lalu ketat dan interaksinya karena masih tahun depan masih ada unsur air sehingga terjadi konflik yang sifatnya sangat personal.


"Jadi kemungkinan akan banyak proses perselingkuhan terjadi, karena adanya unsur air," tutur Konsultan Tarot, Ahmad Boedi S di Jakarta, belum lama ini.

Menariknya, ia memprediksi persaingan dalam politik justru tidak terlalu ketat dan baru akan akan membesar mulai tahun 2014.

Terkait dengan harmonisasi manusia dengan alam sekitar, tahun depan masih akan terdapat berbagai bencana alam dan tanah longsor.

"Ini karena energinya energi air tahun depan karena tahun ini naga air besar," katanya. (tribunnews/18/12/12)

Jalinbar Longsor 40 Meter Kotaagung-Krui Kembali Lumpuh Total


Jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera Kotaagung (Tanggamus)-Krui (Lampung Barat) kembali tidak bisa dilalui dan lumpuh total sejak semalam. Hujan deras yang mengguyur daerah pe
sisir sejak kemarin siang hingga malam mengakibatkan akses jalan terputus. 

Camat Pesisir Selatan Armen Qodar mengungkapkan, jalan di perbatasan kecamatannya dengan Kecamatan Krui Selatan putus akibat tergerus air hujan. Tepatnya di Pekon Mandiri Sejati, Krui Selatan. Sekitar 100 meter dari Jembatan Way Manai. "Jalan yang terputus tersebut panjangnya sekitar 40 meter," ungkapnya , Selasa (18/12/2012). 

Sementara di titik pondasi Jembatan Tenumbang yang juga sempat memutuskan akses jalinbar Kotaagung-Krui pada 2 Desember lalu, tutur Armen, kondisinya juga mengkhawatirkan. Terlebih jika dilalui kendaran berat semacam puso. 

Kasatlantas Ikrar Potawari mengatakan, jalinbar ini mulai tidak bisa dilalui sejak pukul 20.00 WIB semalam. Akibatnya kendaraan yang biasa melintas di jalur tersebut dialihkan. "Jalinbar putus total, Krui-Kotaagung tidak bisa dilewati," ucapnya singkat via blackberry messenger (BBM). (tribunnews/18/12/12)

Astaga! Tersesat, 2 Turis di Rusia Makan Mayat Teman



Setelah empat bulan hilang di belantara Taiga, Rusia, dua turis akhirnya ditemukan selamat. Demi bertahan hidup, mereka dilaporkan telah memakan dua mayat temannya. Astaga!

Empat travele hilang di bulan Agustus dalam eskpedisi memancing ke sungai di daerah Yakutia. Yakutia berada di wilayah timur Rusia, salah satu tempat paling terpencil dan dengan lanskap ganas.



Hanya dua traveler yang berhasil diselamatkan pada akhir November 2012. Tim penyelamat menemukan mereka selamat di tepi Sungai Sutam, sekitar 250 km dari kota Neryungri, selatan Yakutia. Saat itu juga ditemukan potongan mayat di lokasi perkemahan. Penyidik pun diminta untuk meneliti kematian dua orang lainnya yang diduga sebagai kasus kanibalisme.



Seperti yang diberitakan News Australia, Senin (17/12/2012), saat ini tim penyelidik meyakini adanya kanibalisme yang terjadi. "Selama diinterogasi, salah satu saksi menjelaskan kalau kanibalisme memang terjadi," kata salah seorang sumber dalam penyelidikan kepada harian Komsomolskaya Pranda. Sumber menambahkan, kalau itu bukan pembunuhan. Setelah seorang traveler pria meninggal, barulah mereka memakannya karena tidak bisa menghadapi kondisi saat itu.



Penyelidik juga mengatakan kalau pemancing yang bernama Alexander Abdullayev mengaku, dia bersama satu orang teman lainnya bernama Alexei Gorulenko telah memakan mayat Andrei Kurochkin. Tapi menurut Abdullayev, Kurochkin meninggal secara wajar karena kedinginan. Selama berminggu-minggu, dia bersama Gorulenko memakan daging Kurochkin.





Minggu lalu, penyidik dari Yakutsk, ibukota Yakutia mengonfirmasi secara resmi, dalam kasus ini mereka melihat kanibalisme merupakan penjelasan yang masuk akal. Kantor cabang lokal dari Investigative Committee pun mengatakan, kalau pekan lalu Abdullayev sedang mencari sorang lainnya bernama Viktor Komarov.



Dalam pencarian, hanya ditemukan jip UAZ milik Komarov yang telah membawa empat traveler itu ke Taiga. Mobil tersebut ditemukan dalam keadaan setengah tenggelam di sebuah sungai yang membeku. Namun, jasad seorang traveler lain bernama Komarov tidak ditemukan. Mereka juga sebelumnya telah berjalan kaki sejauh 150 km. Mereka berjalan kaki setelah ada kerusakan pada mobil jip tersebut. (detik/18/12/12)


Kamis, 13 Desember 2012

Konsep Dasar Sosiologi

Definisi Sosiologi Sejak lahir di dunia, manusia sudah berhubungan dengan orang lain (ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek dsb). Semakin meningkat usianya, semakin luas pula pergaulannya di masyarakat. Melalui pergaulannya dimasyarakat, manusia terbentuk sebagai mahluk sosial. Manusia disebut mahluk sosial.karena ia memiliki gregariuosness yaitu suatu naluri untuk selalu hidup dengan orang lain. 

Mempelajari hubungan sosial manusia beserta segala hasilnya secara khusus dan sistematis itulah bidang kajian dari salah satu cabang ilmu sosial yang disebut Sosiologi Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan Sosiologi merupakan salah satu rumpun ilmu pengetahuan Sosial yang objeknya adalah masyarakat beserta dinamika yang terjadi didalamnya. 

Dilihat dari penggolongan dalam penerapannya, sosiologi termasuk dalam kelompok ilmu murni (pure science) yaitu ilmu pengetahuan yang bertujuan mengembangkan teorinya untuk pengembangan ilmu itu sendiri. Karena itu orang yang belajar sosiologi umumnya menjadi teoritisi daripada praktisi. Sebagai ilmu pengetahuan, ia menjadi dasar bagi ilmu pekerjaan sosial sebagai alat analisis untuk pemahaman tentang masyarakat lebih jauh. 

Karena itu mahasiswa pekerjaan sosial sebagai calon praktisi perlu mempelajari sosiologi. Sosiologi disebut sebagai ilmu pengetahuan, karena ia memenuhi syarat apa yang disebut sebagai ilmu pengetahuan, yaitu serangkaian pengetahuan yang disusun secara sistematis yang kebenarannya dapat dibuktikan orang banyak.

 Pengetahuan yang jadi objek sosiologi adalah kehidupan manusia sebagai mahluk sosial dengan segala dinamikanya. Pengetahuan itu disusun secara sistematis artinya menggunakan tata cara yang ilmiah, menggunakan metoda dan teknik ilimiah yang umum digunakan dalam ilmu-ilmu sosial, yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

 Sosiologi pertama kali disebut sebagai ilmu pengetahuan oleh seorang ahli dari Francis yaitu Auguste Comte, walaupun sebelumnya sudah banyak orang yang bicara tentang ilmu yang membicarakan masyarakat dengan segala dinamikanya, antara lain Ibnu Khaldun,Plato, Aristoteles dsb. 

Para ahli tersebut berusaha untuk mewujudkan ilmu sosiologi berdasarkan atas pengamatan terhadap kehidupan manusia yang mulai mengalami kekacauan (masalah sosial) sehubungan dengan makin berkembangnya kehidupan terutama setelah pecahnya revolusi industri dan manusia mulai mengenal peradaban yang semakin maju, sementara pada dasarnya manusia menginginkan kehidupan bersama itu dalam suasana yang tenteram, manusia bersaudara dengan sesamanya (homo homini socius). Definisi sosiologi dari beberapa ahli: Sosiologi berasal dari kata : Sosio (kawan) dan Logos (ilmu). 

Jadi sosiologi adalah ilmu yang membicarakan tentang perkawanan diantara manusia. Manusia dipelajari oleh sosiologi sebagai mahluk sosial yaitu mahluk yang hidup bersama manusia lainnya. Manusia disebut sebagai mahluk sosial karena pada dasarnya manusia memiliki Gregariousness yaitu suatu naluri untuk selalu ingin hidup dengan manusia lainnya. Tanpa hidup dengan manusia lainnya, manusia tidak akan bisa mempertahankan keberadaannya. 

Pitirim Sorokin: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari: Gejala sosial dengan gejala sosial Gejala sosial dengan gejala non sosial Ciri-ciri umum semua gejala sosial Selo Soemardjan : Sosiologi adalah ilmu tentang struktur dan proses-proses sosial termasuk di dalamnya perubahan sosial. Yang dimaksud struktur sosial adalah jalinan dari unsur-unsur sosial yang penting. 

Unsur-unsur sosial: Norma-nilai, kelompok, kelembagaan dan stratifikasi sosial. Proses-proses sosial, hubungan timbal balik antar pelbagai segi kehidupan bersama. Inti dari proses sosial adalah: Interaksi Sosial, yaitu proses saling mempengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Hasil dari interaksi sosial adalah proses assosiatif dan proses dissosiatif (Gillin & Gillin).

Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Anak

Pasal 1 UURI No. 23 th 2002 tentang Perlindungan Anak 
Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Secara sosiologis pengertian anak biasanya diakaitkan dengan status, peran, dan tingkat ketergantungan di dalam keluarga. Secara antropologis pengertian anak sangat tergantung pada nilai-nilai budaya yang berlaku, yang berbeda-beda anatara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

Secara politis  berakhirnya masa anak ditandai dengan diperolehnya hak dan kewajiban sebagai warganegara secara penuh, dengan bertambahnya hak dan kewajiban dalam pemilihan umum. Secara demografis, batasan anak dikaitkan dengan dependency ratio, dimana batasan usia 15 tahun usia terendah masa produktif, dan menempatkan batasan anak (yang  tergantung pada orang-orang dewasa dalam masa produktif) pada usia 14 tahun ke bawah




Rabu, 12 Desember 2012

Tahapan Bayi Berjalan

Proses berjalan bayi umumnya dimulai pada usia 9 bulan dengan tahapan berikut: 

* Bulan ke-9 Berdiri tegak bila kedua tangan dipegang. Kalau kita biarkan si bayi berdiri (kita hanya pegang kedua tangannya) ia akan berdiri tegak selama beberapa detik di atas kakinya. Ia menahan keseimbangan tubuh yang seluruhnya terletak pada kedua telapak kaki. Berdiri dengan cara demikian hanya sebentar saja dapat dilakukannya karena ia memang belum menguasai keseimbangan badan pada sikap badan tegak lurus. 

* Bulan ke-10 Bayi bergayut pada perabot rumah dan mengangkat badan sampai berdiri. Seperti halnya pada perkembangan merangkak, bayi 10 bulan sudah dapat mengangkat badannya sampai sikap "empat kaki". Dari sikap ini ia kemudian bergayut pada perabot dan menarik badannya ke atas sampai berdiri. Dari sikap berlutut atau setengah berlutut, ia melangkahkan sebelah kakinya ke depan, menjejak dengan telapak kakinya dan menarik badannya hingga berdiri. Berdiri sambil berpegang pada sesuatu. Bila bayi dapat berpegang pada perabot rumah atau benda kokoh lainnya, ia dapat berdiri selama 1/2 menit. Pada sikap ini telapak kaki bukan hanya ujung-ujung jari kaki saja, tapi seluruh alas telapak kaki menyentuh permukaan lantai. 

 * Bulan ke-11 Berjalan ke samping sambil merambat pada perabot dalam rumah. Percaya dirinya tumbuh dengan ditandainya melalui sikap berdiri yang memungkinkan anak memindah-mindahkan berat badannya. Mulai pada kaki kiri lalu pindah ke kaki kanan. Dengan kemampuan inilah anak "berjalan di tempat" atau melangkah ke samping. Berjalan bila kedua tangan dipegang/ditatih. Bila bayi kita pegang kedua tangannya, ia pun mulai mencoba berjalan. Setelah kakinya melangkah maju, pinggul digerakkan ke depan dan berat badan ditopang oleh telapak kaki. Langkahnya memang masih agak tertahan-tahan, belum mantap dengan kaki terbentang lebar. 

 * Bulan ke-12 Berjalan jika sebelah tangannya dipegang. Langkah-langkahnya memang belum mantap dan kedua kaki masih terbentang lebar. Anak masih gampang kehilangan keseimbangan hingga orang dewasa masih harus memegangnya dan selalu siap menangkapnya bila ia terjatuh. 

* Bulan ke-13 dan seterusnya. Mulai menjadi "ahli". Kemantapan anak berjalan mulai menunjukkan hasil. Kita akan takjub bila suatu saat dia sudah mampu berjalan dengan cepat. Meski perkembangan setiap anak berbeda-beda, umumnya di usia 18 bulan hingga 2 tahun anak sudah dapat berjalan tegak dengan keseimbangan yang lebih mantap tanpa perlu lagi dipegangi.

Revitalisasi Budaya KAT dalam Perspektif Pembanguman Budaya Bangsa

Komunitas adat merupakan sebuah realitas sosial yang terkait dengan proses asal-usul dan munculnya suatu komunitas bangsa. Komunitas ini berasal dari sejumlah individu yang berdiam di suatu tempat tertentu dengan sistem nilai (value system) tertentu pula yang mengatur pola-pola interaksi antar individu anggota komunitas, sedang interaksi dengan individu diluar komunitas cenderung tidak diatur dalam sistem nilai yang dianut.'

Eksistensi komunitas adat, termasuk komunitas adat terpencil selama ini cenderung dianggap sebagai bagian pelengkap dari masyarakat pada umumnya. Fungsinya lebih cenderung dijadikan sebagai kawasan khusus yang diperuntukkan bagi keperluan wisata dan untuk penelitian-penelitian sosioantropologis. Keunikan dan keeksotisan adat istiadatnya hanya dieksploitasi untuk semata tujuan-tujuan ekonomis seraya melupakan pemenuhan hak-haknya sebagai komunitas yang harus dilindungi dari pengaruh budaya dari luar (mainstream culture).

Sebagai sebuah komunitas, orang-orang yang menjadi anggota komunitas tersebut secara individu memiliki hak dan kewajiban sebagaimana warga negara lainnya. Hak untuk hidup, hak mendapatkan pendidikan, hak untuk hidup sejahtera hal untuk bebas dari rasa takut dan hak untuk mengembangkan budayanya adalah beberapa hak-hak yang bersifat azasi yang mutlak diberikan kepadanya. Keberadaannya yang terisolasi dengan masyarakat pada umumnya bukanlah halangan untuk adanya persamaan hak dan kewajiban. 

Eksistensi Komunitas Adat
Komunitas adat terpencil telah melahirkan banyak istilah untuk menyebut obyek yang sama. Departemen Sosial, sebuah lembaga pemerintah yang mengurus sektor ini memberinya istilah masyarakat terasing. Defenisi masyarakat terasing menurut Departemen Sosial adalah masyarakat yang terisolasi dan memiliki kemampuan terbatas , beberapa hak-hak yang bersifat azasi yang mutlak diberikan kepadanya. Keberadaannya yang terisolasi dengan masyarakat pada umumnya bukanlah halangan untuk adanya persamaan hak dan kewajiban.

Eksistensi Komunitas Adat
Komunitas adat terpencil telah melahirkan banyak istilah untuk menyebut obyek yang sama. Departemen Sosial, sebuah lembaga pemerintah yang mengurus sektor ini memberinya istilah masyarakat terasing. Defenisi masyarakat terasing menurut Departemen Sosial adalah masyarakat yang terisolasi dan memiliki kemampuan terbatas untuk berkomunikasi dengan masyarakat lain yang lebih maju, karena keadaannya terbelakang serta tertinggal dalam mengembangkan kehidupan ekonomi, sosial budaya dan lain-lain.

Ciri utama komunitas adat terpencil adalah sedentary dan local minded. Mobilitas dan migrasi tidak dikenal dalam kamus kehidupan komunitas. Kalaupun terjadi migrasi, pola migrasinya sebatas pada areal tertentu yang mirip dengan tempat tinggalnya dan sebatas orientasi ekonomi subsisten untuk mendapatkan sumber bahan makanan yang didapatkannya dengan jalan berburu dan bercocok tanam. Orientasinya berfokus sebatas pada komunitasnya, lingkungan tempat tinggalnya dan adat istiadatnya.

Dalam konteks kependudukan, eksistensi komunitas adat secara kuantitatif memang tidak memiliki junilah yang signifikan, karena itu mereka mengelompok pada wilayah tertentu yang menjadi menjadi areal pelaksanaan dan pengembangan budayanya. Hasil dari perilaku dan interaksi budaya melahirkan subkultur dari masyarakat pada umumnya; dan dilihat dari segi kebiasaan umum itulah kebiasaan-kebiasaan komunitas adat dapat menjadi basis dari pengembangan budayanya.

Komunitas adat yang banyak dikaji dan dijumpai hampir merata pada kelima pulau besar di Indonesia. Beberapa komunitas adat yang sempat disebut disini antara lain : suku Badui di pulau Jawa, suku Anak Dalam di pulau Sumatera, di pulau Kalimantan ada suku Dayak, suku Asmat di pulau Irian dan di Sulawesi ada komunitas Kajang.

Bila dijabarkan lebih jauh, komunitas adat terpencil dipulau Sumatera diantaranya suku Sakai di Riau, komunitas Mentawai dan Enggano di Sumatera Barat. Di Pulau Sulawesi ada To Pembuni dan To Seko di Sulawesi Selatan, Tojio di Selawesi Tengah, To Landale di Sulawesi Tenggara dan Manobo di Pulau Buton. Sedang di pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat ada komunitas Donggo di Sumbawa Timur. Terakhir adalah di Pulau Irian Jaya (Papua) seperti komunitas Arfak, Arso, Bahaan, Bauzi, Mek, Dani, Amungme dan Asmat.

Di Pulau Irian Jaya relatif propinsi yang memiliki paling banyak komunitas adat terpencil dan belum tersentuh oleh peradaban luar yang modern. Komunitas tersebut banyak berdiam di sekitar daerah sungai Wriendshap dan Eilanden yang masih tertutup hutan lebat dan didaerah lereng gunung bagian selatan Pegunungan Jayawijaya. 

Setiap komunitas masing-masing beranggotakan sekitar 50-100 orang dan menyebar diberbagai perkampungan. Keterpencilan komunitas adat dari dunia luar disebabkan oleh faktor geografi dan topografi yang khas. 

Pada abad 15 orang-orang Islam dari Kerajaan Ternate, Tidore dan Jailolo di Pulau Halmahera sudah mempengaruhi kehidupan penduduk komunitas adat di bagian kepala burung Pulau Irian, tetapi pengaruhnya tidak terlalu mendalam dan tidak meluas sehingga tidak memiliki dampak yang berarti.

 Demikian halnya pada abad 17 dan abad 18 saat kedatangan bangsa Portugis dan Belanda yang menyebarkan agama Kristen Protestan dan Katolik juga tidak mengalami perubahan dan kemajuan. Bahkan pengaruh kedua agama terakhir yang banyak dianut penduduk Irian hingga kini tidak banyak membantu proses modernisasi kehidupan komunitas terpencil. Keberadaan komunitas-komunitas tersebut seharusnya senantiasa dilestankan namun seringkali dalam penanganannya menimbulkan riak-riak yang menjurus ke aroma politis, khususnya yang berhubungan dengan isu penataan lingkungan dan pembangunan. 
 
Isu ekologi merupakan isu yang banyak melekat pada komunitas adat, khususnya adat terpencil. Keterkaitan isu ekologi banyak dijumpai pada komunitas adat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Istilah hak ulayat adalah istilah yang populer dijumpai dalam wacana perjumpaan komunitas adat dengan isu ekologi. 

Secara populer, hak ulayat ini mengacu pada hak bawaan pada komunitas yang mendiami kawasan tertentu secara turun temurun. Karena berbentuk hak, maka bila diabaikan akan melahirkan tuntutan-tuntutan baru dan anggota komunitas adat. Gerakan penuntutan hak pasti akan melahirkan gerakan beraroma politik karena berkaitan dengan proses dan idiologi pembangunan yang dikembangkan rezim. 
 
Eratnya keterkaitan isu ekologi dengan komunitas adat menyebabkan energi pembangunan budaya komunitas adat menjadi terabaikan. Dengan disokong oleh idiologi kapitalisme, rezim yang berkuasa mengeksplorasi berbagai kawasan hutan untuk menjadi sumber anggaran negara melalui perantaraan perusahaan swasta. Dengan berbekal hak pengusahaan hutan (HPH), swasta merasa memiliki hak yang sangat luas untuk mengeksploitir sumber-sumber alam kehutanan. Tanpa banyak menghiraukan suara-suara dari kelompok kritis yang banyak dilakoni para aktifis lingkungan, swasta dengan proteksi yang besar dari rezim telah berhasil menggunduli hutan-hutan lebat di selurah pulau di Indonesia yang diberi predikat Hutan Produksi, sambil melupakan aspek efek budaya yang ditimbulkannya pada eksistensi masyarakat adat.

Berubahnya kawasan hutan menjadi gundul mendatangkan perubahan pada budaya komunitas adat terpencil. Karena pada dasarnya, pola-pola budaya yang berkembang pada komunitas adat tersebut terkait dengan pola-pola interaksi yang berhubungan dengan alam, termasuk upaya kelestarian alam yang didiaminya. Perubahan struktur hutan yang menjadi lingkungan tempat mengembangkan budaya, dengan sendirinya mengubah pula tata dan produk budayanya. Perubahan budaya dapat melahirkan kegelisahan dan keresahan pada segenap anggota komunitas adat Pembangunan Sosial-Budaya.

Dalam menangani komunitas adat terpencil diperlukan pola kebijakan dan program yang adaptif sesuai dengan kondisi sosial budayanya. Selama ini komunitas adat terpencil ditangani oleh empat departemen pemerintah yaitu Departemen Sosial, Departemen Kehutanan, Departemen Transmigrasi dan Departemen Dalam Negeri. 

Dengan obyek yang sama, kemungkinan over regulated akan terjadi karena ketiadaan program yang terintegrasi lintas departemen. untuk menjadi sumber anggaran negara melalui perantaraan perusahaan swasta. Dengan berbekal hak pengusahaan hutan (HPH), swasta merasa memiliki hak yang sangat luas untuk mengeksploitir sumber-sumber alam kehutanan. 

Tanpa banyak menghiraukan suara-suara dari kelompok kritis yang banyak dilakoni para aktifis lingkungan, swasta dengan proteksi yang besar dari rezim telah berhasil menggunduli hutan-hutan lebat di selurah pulau di Indonesia yang diberi predikat Hutan Produksi, sambil melupakan aspek efek budaya yang ditimbulkannya pada eksistensi masyarakat adat. 

Berubahnya kawasan hutan menjadi gundul mendatangkan perubahan pada budaya komunitas adat terpencil. Karena pada dasarnya, pola-pola budaya yang berkembang pada komunitas adat tersebut terkait dengan pola-pola interaksi yang berhubungan dengan alam, termasuk upaya kelestarian alam yang didiaminya. 

Perubahan struktur hutan yang menjadi lingkungan tempat mengembangkan budaya, dengan sendirinya mengubah pula tata dan produk budayanya. Perubahan budaya dapat melahirkan kegelisahan dan keresahan pada segenap anggota komunitas adat Pembangunan Sosial-Budaya.

Dalam menangani komunitas adat terpencil diperlukan pola kebijakan dan program yang adaptif sesuai dengan kondisi sosial budayanya. Selama ini komunitas adat terpencil ditangani oleh empat departemen pemerintah yaitu Departemen Sosial, Departemen Kehutanan, Departemen Transmigrasi dan Departemen Dalam Negeri. Dengan obyek yang sama, kemungkinan over regulated akan terjadi karena ketiadaan program yang terintegrasi lintas departemen.

Contoh untuk program Non-Resattlement dapat ditemui pada komunitas adat Dayak, utamanya komunitas Dayak Kenyah di Kalimantan Timur. Suku Dayak merupakan suku asli yang mendiami pulau Kalimantan yang menyebar pada seluruh propinsi di pulau terbesar di Indonesia tersebut Suku Dayak terdiri atas berbagai sub-sub etnik. Tanpa melupakan aspek budayanya, pemerintah daerah setempat mampu menciptakan dan menyuguhkan atraksi budaya di daerah Pampang, yang merupakan lokasi asli komunitas Dayak. 

Kawasan wisata budaya Pampang letaknya sekitar 60 kilometer dari Kota Samarinda. Sebenarnya kekayaan budaya Toraja yang sudah terkenal diseluruh dunia merupakan pola Non-Resattlement. Sebagaimana diketahui, suku Toraja yang mendiami wilayah pegunungan bagian utara propinsi Sulawesi Selatan adalah dulunya masyarakat terasing yang hingga sekarang masih melestarikan budaya megalitik dengan banyaknya ditemukan situs-situs menhir, manik-manik dan tau-tau yang menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Tanah Toraja. 

Dari dua contoh program yang ditampilkan diatas tentang program resattlement dan non-resattlement dapat menjadi bahan rekomendasi bagi pemerintah daerah lainnya maupun departemen pemerintah yang consern membina komunitas adat terpencil seperti Departemen Sosial. Contoh program diatas memiliki implikasi kebijakan untuk memformulasi ulang kebijakan dalam penataan komunitas adat terpencil agar tetap memiliki nilai jual disamping tidak melupakan aspek pembangunan sosial dan budaya komunitas setempat.

Dalam rangka pembinaan dan pengembangan budaya komunitas adat terpencil, aspek humanis dan sosial merupakan aspek utama yang menjadi perhatian penuh. Karena bagaimanapun, eksistensi komunitas adat terpencil adalah bagian dari masyarakat warga pada umumnya sehingga perlakuan terhadapnya tetap sama dalam membangun dan mengembangkan budayanya.
Pembangunan sosial budaya sebagai bagian dari program pembangunan nasional seyogyanya dilakukan secara incremental dan terintegasi. Jadi meskipun suatu sasaran program pemerintah memiliki obyek yang sama pada berbagai departemen, dalam tahap implementasinya harus tetap ferintegrasi agar ti4ak terpjpta ego sektpra} ya.ng pada akhjrnya kan mempengjjpj Ju" has, jl program.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Manfaat kesehatan dari apel termasuk pencernaan, gangguan lambung, anemia, wekness, perawatan gigi, disentri, penyakit jantung, rematik, gangguan mata, kanker, asam urat, dan perawatan kulit. Apel dapat dimakan mentah secara langsung atau melalui berbagai hidangan seperti salad buah dan custard. Jus apel juga minuman umum di seluruh dunia. Manfaat kesehatan dari apel meliputi: 

 Pencernaan: Apel yang kaya serat membantu dalam pencernaan. Konsumsi rutin apel memastikan gerakan usus halus dan membantu dalam mencegah gangguan consitipation dan perut. 

Anemia: Apel berguna dalam treting anemia karena kaya dalam apel. Anemia adalah kekurangan hemoglobin dalam darah yang dapat ditingkatkan dengan asupan makanan yang kaya zat besi seperti apel. 

 Kelemahan: Apel dikenal untuk menghilangkan kelemahan dan menambah kekuatan dan vitalitas orang-orang lemah. Hal ini, oleh karena itu, sering diberikan kepada pasien untuk membantu mereka cepat sembuh dari penyakit mereka. Jika Anda ingin mendapatkan berat badan, apel harus menjadi bagian dari diet Anda sehari-hari. 

Hal ini juga membantu dalam mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Perawatan Gigi: Makan apel membantu dalam membersihkan gigi dan gusi. Ini mengurangi kejadian gigi berlubang pada gigi. Ketika Anda makan apel, serat di dalamnya membersihkan gigi, sedangkan sifat antivirus buah menjaga bakteri dan virus pergi. 

Penyakit Jantung: Apple menurunkan tingkat kolesterol dan karena itu bermanfaat bagi jantung. 

Rematik: Pasien yang menderita rematik menemukan apel sangat berguna karena membantu dalam proses penyembuhan.

 Gangguan mata: Apel diyakini membuat mata yang kuat dan meningkatkan mata-mata. Hal ini juga membantu dalam mengobati rabun senja. 

Perawatan Kulit: Menyisipkan apel dan madu, dan apel dan susu bila diterapkan pada peningkatan kulit bersinar dan bersinar. Apel juga membantu dalam mengobati asam urat, dan disentri. Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa apel memiliki bahan kimia seperti flavonoid dan polifenol yang dapat membantu melawan kanker. 

Oleh karena itu, benar, kata - Sebuah apel sehari membuat dokter pergi. Bila Anda membeli buah apel pastikan mereka tegas. Jangan membeli apel yang memiliki kerutan seperti apel tersebut telah kehilangan sebagian besar manfaat kesehatan dan nilai gizi.