Sponsors

Rabu, 07 November 2012

Definisi Keluarga


Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta: kula dan warga "kulawarga" yang berarti "anggota" "kelompok kerabat". Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, bersatu. Keluarga inti ("nuclear family") terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak mereka. Ada pula yang mendefinisikan bahwa keluarga ialah satu kumpulan manusia yang dihubungkan melalui pertalian darah, perkawinan atau pengambilan anak angkat. Di Barat, keluarga didefinisikan sebagai satu kumpulan manusia yang mempunyai hubungan darah atau pertalian sah seperti perkawinan dan pengambilan anak angkat. Banyak ahli antropologi berpendapat istilah "darah" perlu difahami secara metaforik kerana banyak masyarakat bukan Barat mempunyai konsep berkeluarga yang tidak bersandarkan "darah".

 
      Banyak istilah yang digunakan oleh para ahli untuk memberikan pengertian atau definisi tentang keluarga. Keluarga bisa berarti bapak, ibu dan anak-anaknya atau seisi rumah. Dapat juga disebut batih, yaitu seisi rumah yang  menjadi tanggungan, dan dapat pula berarti kaum, yaitu sanak saudara serta kaum kerabat. Selain itu, istilah keluarga juga disamakan dengan istilah rumah tangga. Rumah tangga adalah kelompok sosial yang biasanya berpusat pada suatu keluarga batih, yaitu suatu keluarga yang terdiri dari suami/bapak, istri/ibu, dan anak-anaknya yang belum menikah atau meimisahkan diri. keluarga adalah grup khusus yang membicarakan soal-soal kehidupan dan panduan seharian dalam pelbagai topik, tetapi keutamaan diberikan kepada isu-isu kekeluargaan.
      Secara umum , keluarga didefinisikan sebagi suatu kelompok yang terdiri dari dua orang tua atau lebih yang diikat oleh ikatan darah, perkawinan, atau adopsi, serta tinggal bersama. Hammudah Abd at-Ati mendefinisikan keluarga sebagai suatu struktur yang bersifat khusus, yang satu sama lainnya mempuyai suatu ikatan baik akibat hubungan darah atau pernikahan. ikatan yang ada membawa pengaruh terhadap adanya sikap berharap (mutual expectation) yang sesuai dengan ajaran agama, dikukuhkan secara hukum serta secara individu mempunyai ikatan batin.
Sementara Horton dan Hurt memberikan beberapa pilihan dalam mendefinisikan keluarga, yaitu :
  1. Suatu kelompok yang mempunyai nenek moyang sama.
  2. Suatu kelompok kekerabatan yang disatukan oleh ikatan darah dan perkawinan.
  3. Pasangan perkawinan dengan atau tanpa anak.
  4. Pasangan tanpa nikah yang mempunyai anak.
  5. Para anggota suatu komunitas yang biasanya ingin disebut sebagai keluarga.
Jika ditinjau dari perspektif sosiolgi, keluarga dapat dipahami dari berbagai segi yaitu:
1.   Dari segi orang yang melangsungkan perkawinan serta dikaruniai anak.
2.  Dari segi lelaki dan perempuan yang hidup bersama memiliki anak namun tidak pernah melangsungkan perkawinan secara sah.
3.      Dari segi hubungan antar anggota kaluarga yang masih memiliki ikatan darah.
4.      Dari segi keluarga yang mengadopsi anak dari orang lain.

 Fungsi dan peran keluarga
1. Fungsi Keluarga
Berdasarkan antropologi dan sosiologi, fungsi utama sebuah keluarga ialah untuk menambah jumlah anggota masyarakat sama ada dengan cara biologi atau sosial (yaitu perkawinan). Oleh karena itu, seseorang akan merasakan  perubahan perasaan berkeluarga misalnya bagi anak anak. Keluarga bersifat orientasi, yaitu keluarga bertanggungjawab untuk menempatkan mereka pada masyarakat melalui pendidikan dan sebagainya. Manakala bagi ayah dan ibu, keluarga bersifat prokreasi yang mana tujuan utamanya ialah menghasilkan, membudayakan dan mensosialisasikan keturunan. Walau bagaimanapun menghasilkan keturunan bukanlah tujuan utama sebuah keluarga. Dalam masyarakat yang mempunyai pembagian dalam pekerjaan, kehendak berkeluarga, dan hasil hubungan antara suami dan isteri, serta pembentukan isi rumah yang produktif dan ekonomi adalah amat penting.
Fungsi keluarga menunjukkan tugas-tugas maupun kewajiban–kewajiban individu sebagai anggota keluarga yang harus dilakukan dalam kehidupan keluarga. Fungsi mengacu pada peran individu sebagai anggota keluarga dalam mengetahui dan pada akhirnya mewujudkan hak dan kewajiban dalam kehidupan keluarga. Dengan mengetahui fungsi keluarga akan dapat membaca dan mengukur sosok suatu keluarga yang ideal dan harmonis. Munculnya masalah-masalah dalam kehidupan biasanya disebabkan oleh adanya ketidakmampuan fungsi-fungsi dalam keluarga.
Hendi Suhendi dan Ramdani Wahyu membagi fungsi-fungsi keluarga sebagai berikut :
a.       Fungsi biologis
Fungsi biologis berkaitan erat dengan pemenuhan batiniah antara suami istri (seksual), dimana keluarga merupakan suatu lembaga yang memberikan ruang terhadap pengaturan dan pengorganisasian fungsi tersebut. Harus diakui bahwa keberlangsungan suatu keluarga kenyataannya sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan fungsi pemenuhan kebutuhan biologis yang seringkali menjadi penyebab terjadinya gangguan dalam kehidupan suatu keluarga yang pada akhirnya dapat berujung terjadinya perceraian maupun poligami.
b.      Fungsi sosialisasi anak
Fungsi sosialisasi menunjuk pada peran keluarga dalam membentuk kepribadian anak. Keluarga (orang tua) harus memberikan dan mempersiapkan bekal kepada anaknya untuk dapat menjalani kehidupan dalam keluarga maupun masyarakat dengan memperkenalkan pola tingkah laku, sikap, keyakinan, cita-cita serta nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat dan mempelajari peran-peran yang diharapkan akan mereka lakukan. Peran orang tua sangat besar dalam sosialisasi ini dikarenakan anak pada umumnya akan meniru segala hal yang dilihat dan dipelajari dari orang tuanya. Ketidakmampuan dalam menjalankan fungsi ini akan menyebabkan  anak kurang mendapatkan perhatian serta kemudian mencari di luar lingkungan keluarganya sendiri. 
c.       Fungsi afeksi
Kasih sayang dan rasa dicintai merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia. Keluarga merupakan wadah dimana setiap anggota keluarga akan bisa mendapatkannya. Orang tua harus dapat menciptakan keintiman dalam keluarga, memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anaknya.
d.      Fungsi edukatif
Keluarga merupakan lembaga pertama dalam pendidikan anak. Orang tua memppunyai kewajiban unutk mendidik anaknya dengan memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat.
e.       Fungsi religious
Keluarga merupakan tempat dikembangkannya pendidikan keagamaan kepada setiap anggota keluarga agar menjadi insan-insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pelaksanaan fungsi religius ini dapat dakukan dengan menjalankan pola hidup yang bersunggh-sungguh dalam menjalankan kewajiban keagamaan, menyediakan sarana fisik untuk ibadah dan membina hubungan antara angoota keluarga dengan lembaga-lembaga keagamaan yang ada dalam masyarakat.
f.       Fungsi protektif
Keluarga sudah seharusnya menjadi tempat yang aman bagi setiap anggotanya agar dapat terhindar dari hal-hal negatif. Setiap anggota keluarga diharapkan dapat memperoleh perlindungan fisik, ekonomi serta psikologis dalam kehidupan mereka.
g.      Fungsi rekreatif
Fungsi rekreatif bertujuan untuk memberikan suasana dan gembira dalam lingkungan keluarga. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan hiburan maupun melakukan kegiatan-kegiatan rekreatif baik di dalam keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat.
h.      Fungsi ekonomis
Fungsi ekonomis keluarga meliputi nafkah, perencanaan serta pembelanjaan untuk keperluan sehari-hari. Pelaksanaan fungsi ini sedapat mungkin harus dapat menumbuhkan kerjasama di antara anggota-anggota keluarga untuk keberlangsungan kehidupan keluarga.
i.        Fungsi penentuan status
Keluarga merupakan suatu wadah dimana setiap individu yang ada di dalamnya secara otomatis akan mendapatkan status baik bagi ayah, ibu maupun anak. Keluarga diharapkan mampu menentukan status bagi anak-anaknya berdasarkan jenis kelamin, umur, urutan kelahiran dan sebagainya.
2. Peran keluarga
Peran keluarga menunjukkan pada tuntutan perilaku yang harus ditampilkan oleh setiap individu sesuai dengan status yang disandangnya. Setiap anggota keluarga harus memenuhi peran-peran tetentu sesuai dengan statusnya untuk menunjukkan bahwa keluarga mereka dapat berfungsi secara efektif. Peran keluarga tergantung pada variabel budaya dimana keluarga tesebut berada, tipe serta posisi keluarga dalam daur kehidupan.
Menurut Dubois dan Miley, peran–peran setiap anggota keluarga adalah sbb:
a.       Peran orang tua
1.      Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar dari anak-anaknya yang meliputi kebutuhan makanan, perlindungan, perawatan kesehatan dan keamanan serta kebutuhan-kebutuhan emosional.
2.      Mendorong pengembangan intelektual, sosial dan spiritual anak.
3.      Bergaul dengan anak-anaknya dengan menumbuhkan adanya interaksi serta disiplin keluarga yang sesuai.
b.      Peran anak-anak
1.      Mempelajari perilaku, sikap dan nilai–nilai dari orang tua.
2.      Menunjukkan/mengembangkan perilaku yang pantas.
3.      Bekerjasama deengan orang tua maupun anggota keluarga lainnya dalam kehidupan keluarga.
            Dalam perkembangannya, seiring dengan semakin beragam bentuk keluarga, banyak fungsi dan peran keluarga yang tidak dapat dilaksanakan oleh individu dalam suatu keluarga. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pergeseran nilai yang ada dalam masyarakat, ketidakharmonisan hubungan antar anggota keluarga maupun kondisi kehidupan keluarga yang memang mengharuskan terjadinya pergeseran fungsi dan peran anggota keluarga. Adanya ketidakmampuan dalam menjalankan fungsi dan peran dalam keluarga tentunya akan menyebabkan terjadinya ketimapangan jalannya kehidupan keluarga.
Pergeseran maupun perubahan fungsi dan peran keluarga tersebut dapat dilihat dengan banyaknya istri yang bekerja di luar rumah dan tak jarang menggantikan tugas suami dalam mencari nafkah, maupun fungsi dan peran ganda yang harus dilakukan oleh orang tua dalam sebuah keluarga dengan orang tua tunggal. Selain itu, fungsi dan peran dalam keluarga tidak dapat dilaksanakan oleh orang tua secara maksimal sehingga diserahkan kepada lembaga-lembaga yang memberikan pelayanan terhadap keluarga.
 Menurut Dubois dan Miley, ketidakmampuan pelaksanaan peran keluarga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti :

a.       Kekosongan peran orang tua
Hal ini tejadi dalam keluarga dengan orang tua tunggal akibat perceraian.
b.      Ketidakmampuan orang tua
Orang tua tidak dapat menjalankan perannya dikarenakan hambatan fisik, mental maupun emosional.
c.       Penolakan peran
Hal ini terjadi ketika orang tua merasa kewalahan dalam menjalankan kewajibannya untuk membesarkan anak-anaknya.
d.      Masalalah transisi peran
Hal ini terlihat pada saat terjadinya perpindahan peran seperti para orang tua yang baru saja mempunyai anak, dimana sebelumnya mereka masih buta tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam perawatan anaknya.
e.       Konflik peran
Konflik peran dapat terjadi terhadap peran seorang anggota keluarga maupun dengan anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat disebabkan karena adanya perbedaan pandangan antara suami dan istri terhadap tanggung jawab mereka dalam membesarkan anak-anak, maupun konflik peran dalam masing-masing anggota keluarga.
f.       Ketidakmampuan atau hambatan pada anak-anak
Anak-anak yang memiliki hambatan baik fisik, mental maupun emosional seringkali kurang mampu untuk menjalankan peran mereka dalam keluarga, juga terbebani oleh adanya konflik peran dimana mereka kebingungan antara memenuhi permintaan orang tua atau teman-teman sebaya.
g.      Kurangnya sumber-sumber kemasyarakatan
Kondisi masyaraskat dan tekanan lingkungan seperti kurangnya sarana perumahan, pengangguran, kemiskinan, diskrimanasi dan kurangnya pelayanan masyarakat dapat mempengaruhi kemampuan keluarga dalam menjalankan peran-perannya. 


Semoga pembahasan tentang definis keluarga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan

0 komentar:

Posting Komentar